Mengenal Command Line

mengenal command line
mengenal command line (terminal)
Awal mula system computerisasi seperti zaman now, komputer pada jaman dahulu di jalankan dengan cara menuliskan baris perintah pada sebuah terminal. atau command prompt Lebih tepatnya command line interface (CLI). Command line adalah antar muka interaksi sebuah operating system dengan pengguna untuk menjalankan tugas tertentu. Hampir semua komputer pada zaman now sudah menggunakan GUI (General User Interface). Dengan pengertian yang lain bisa dikatakan kalau Command line ini bekerja di balik General User Interface. Disetiap klik mouse terdapat Comannd line atau baris perintah tertentu.
Baris perintah ini memiliki tantanan seperti bahasa komunikasi kita dengan orang lain. Pada tinggat lanjut GUI diciptakan atas kumpulan baris ini disebut juga bahasa pemrograman atau bisa juga kombinasi dari bahasa pemrograman dan command line. Baris perintah atau command line memiliki kata-kata perintah misal seperti ambil, ketik, edit. Contoh kalimat perintah untuk  mengambilkan barang: ambilkan minum . Dalam prakteknya bisa di beri banyak tambahan kata kerja dan sifat sehingga akan membentuk sebuah kalimat perintah. Susunan kalimat perintah ini disebut baris perintah atau dalam dunia programer disebut baris code.
Pada tiap operating system memiliki command line yang berbeda. Kali ini kita akan membahas tentang command line dasar dari linux. Bagi pengguna linux command line sangat favorit digunakan karena kepraktisanya. Apalagi dalam dunia server command line ini sangatlah efisien diguanakan. Berikut akan beberapa command line dasar dari linux, kali ini distro linux yang saya gunakan adalah linuxmint.

Command line berikut digunakan untuk mengelola direktori
ls   cd   cp   mv   rm   rmdir   mkdir   mount   umount   less   cat   pwd

Command line berikut digunakan untuk mematikan dan reboot komputer

halt   reboot   restart   shutdown   login   logout  kill
 Berikut sedikit penjelasan tentang command line diatas :
Berikut sedikit penjelasan tentang command line diatas :
ls : melihat isi sebuah folder
cd : digunakan untuk pindah folder
cp : sama dengan copy
mv : sama dengan move atau memindahkan
rm : sama dengan remove atau delete/hapus
rmdir : remove direktori hapus folder
mkdir : make direktori membuat folder
mount : menautkan partisi
umount : melepaskan tautan partisi
less : untuk membuka berkas teks pada terminal langsung 
cat : sama dengan less dengan perbedaan pada cat file txt akan langsung tampil tanpa fitur morre  
pwd : mengetahui posisi folder yang sekarang
Contoh penggunaan pada perintah ls, buka terminal kemudian ketikan perintah berikut :
twantoro@orbit ~ $ ls (kemudian enter)
folder_a                   folder_b             contoh list isi dari folder tersebut
file_a.txt                  folder_c

file_b.exe
kemudian coba perintah ls dengan di tambahi -l  ( ls -l )
twantoro@orbit ~ $ ls -l
Untuk mengetahui penggunaan lebih jauh bisa menggunakan perintah di terminal man<spasi>(command line) = man lsOke cukup mudah bukan untuk penggunakan command line. Silahkan dipraktekan langsung untuk perintah-perintah yang lain dan gunakan man untuk mengetahui lebih banyak tentang command line tersebut.  Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel mengenal command line, semoga membantu. 


EmoticonEmoticon